Membuat Kon-Boot menjadi USB Bootable

Sewaktu saya memposting tutorial ini, ada muncul pertanyaan dari Dab Penyo yang menanyakan “Klo dibuat bootable lewat USB bisa ga mas?” Jawabannya adalah “Bisa”. Awalnya saya juga belum sanggup menjawab pertanyaan dari Mas Penyo. Karena tidak semua Sistem operasi dapat dijadikan USB Bootable.

Saya sudah mencoba membuat Kon-Boot menjadi Versi USBnya. Tetapi belum langsung berhasil. Saya menggunakan UNetbootin untuk membantu saya menjadikannya menjadi bisa dijalankan melalui USB dan Sourcenya menggunakan Versi CD. Tapi hasilnya nihil. UNetbootin selalu bolak balik restart. Saya pun merasa bingung. Kenapa ya tidak juga mau jalan ?

Akhirnya saya mencoba menggunakan source Floppy Image. Wah….. Ternyata berhasil juga neh. Untuk itu saya mau sharing dengan teman-teman semua. Bagaimana cara membuat Kon-Boot menjadi USB Bootable.

Untuk melakukan ini kita perlu menyiapkan :

  1. UNetbootin versi yang terbaru, kemudian install pada Komputer anda.
  2. Download Kon-Boot floppy image dan kemudian ekstrak file tersebut, dan didalamnya terdapat file dengan nama FD0-konboot-v1.1-2in1.img
  3. Untuk memulai membuatnya, tancapkan dulu USB Disk anda sehingga sudah komplit terbaca oleh Windows.
  4. Jalankan UNetbootin, lalu carilah dimana file FD0-konboot-v1.1-2in1.img tadi diekstrak.
    usb-kon-install
  5. Pilih Drive berisikan USB Disk yang akan dijadikan USB Bootable. Lalu klik tombol OK.
  6. Jika proses selesai, restartlah komputer, dan atur bios agar bisa boot dari USB Disk.

  7. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini jika pekerjaan diatas berhasil.

    unetbootin-konboot

  8. Anda dapat langsung menekan tombol enter atau menunggu selama 10 detik untuk menunggu kon-boot dimulai.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas,,,aq mw tnya klo untuk instal ulang window xp pke USB di laptop jadul toshiba gmna mas? soalnya apa sama caranya kya sprti diatas? mhon pencerahannya,,,maklum msih baru mas..pngen belajar bnyak nich,,Terimakasih sblumnya,,

Posting Komentar