Internet:

Sejuta Kesempatan Ada di Sini

Siapa sangka Internet, selain menyimpan segudang informasi, juga menyimpan ribuan kesempatan? Di Internet, siapa saja bisa cari pasangan—entah sekadar untuk dijadikan gebetan atau bahkan partner sehidup semati. Di Internet, siapa saja bisa cari pekerjaan. Di Internet, siapa saja juga bisa mengais rejeki.

Kesempatan ada di mana saja, Anda hanya perlu memasang antena untuk menangkap sinyalnya. Internet bisa dijadikan alat ajaib untuk memancing kesempatan.

Barter di Internet Bisa Untung

Adalah Kyle MacDonald, seorang Blogger yang bisa ’menyulap’ penjepit kertas warna merah miliknya menjadi sebuah rumah. Semua berawal dari keisengannya di Blog miliknya, http://oneredpaperclip.blogspot.com. Tanggal 12 Juli 2005, Kyle menawarkan sebuah penjepit kertas warna merah yang biasa ditaruhnya di meja, di samping komputernya, untuk ditukar dengan barang apapun yang lebih besar—entah sebuah pena, sendok, atau mungkin sepatu boot. Siapapun yang tertarik untuk menukar penjepit kertas tersebut bisa menghubunginya lewat e-mail.

Dua hari berselang, seorang wanita menawarkan sebuha pena berbentuk ikan untuk ditukar dengan penjepit kertas milik Kyle. Setelah itu, ada orang yang mau menukar pena berbentuk ikan tersebut dengan sebuah kenop pintu bergambar wajah orang dari bahan keramik.

Akhir Juli 2005, kenop pintu tersebut ditukarkan oleh Kyle dengan sebuah kompor yang bisa dipakai untuk membuat barbeque. Dua bulan kemudian, Kyle menukarkan kompor minyak tanahnya dengan generator listrik milik sebuah kamp pasukan marinir Pendleton yang berbasis di perbatasan antara Los Angeles dan San Diego. Barter barang kali itu bisa dikatakan lumayan besar.

Bulan November 2005, datanglah permintaan seseorang untuk membarter generator tersebut dengan sebuah tong bir dan neon bertuliskan ”Budweiser” miliknya. Karena tong tersebut banyak gunanya, terutama jika ingin mengadakan sebuah pesta, Kyle menerima tawaran tersebut. Generator pun ditukar dengan tong bir dan neon Budweiser.

Awal Desember 2005, Kyle menukar tong bir dan neon Budweiser-nya dengan sebuah snowmobile. Beberapa hari kemudian, Kyle menukar snowmobile miliknya dengan satu tiket perjalanan menuju Yahk, satu kota di Bristish Columbia. Tapi, ada seseorang yang tertarik untuk menukarkan mobil boks merek Ford-nya dengan tiket perjalanan menuju Yahk.

Setelah itu, mobil boks Ford tersebut ditukar dengan sebuah kontrak rekaman dengan salah seorang aktris Club Treehouse. Orang lain yang tertarik dengan kontrak tersebut menawarkan Kyle untuk membarter kontrak tersebut dengan akses gratis untuk tinggal di Phoenix selama satu tahun—termasuk gratis biaya sewa apartemen dengan lokasi yang strategis, dua tiket pesawat dari bandara manapun di Amerika Utara.

Pertukaran selanjutnya bisa dibilang lebih gila lagi. Adalah Leslie, seorang karyawan di restoran milik penyanyi Alice Cooper, yang merasa keberatan dengan pembayaran sewa tempat tinggalnya di Phoenix. Leslie menawarkan akses gratis tempat tinggal milik Kyle untuk ditukarnya dengan si boss, Alice Cooper. Leslie menawarkan kesempatan bagi Kyle untuk mengahbiskan satu malam bersama dengan Alice Cooper—untuk bermain golf, menulis lagu, jalan-jalan, dan makan malam. Pertukaran pun dilakukan.

Berhubung Kyle bukan fans berat Cooper, rela lah ia melego satu malamnya bersama Cooper dengan sebuah snowglobe. Kelihatannya barter yang tidak imbang, ya? Tapi ternyata, snowglobe tersebut bukan snowglobe biasa—ada tulisan KISS berwarna-warni dan fitur speed dial di dalamnya.

Keajaiban terus datang. Seorang aktor yang juga kolektor snowglobe rela membarter satu perannya dalam sebuah film dengan snowglobe Kyle. Dan yang terakhir, yang mengejutkan, tepat setahun sejak Kyle memulai membarter penjepit kertasnya di Blog, ada sesorang yang rela menukar rumahnya di Kanada demi mendapat kesempatan main di film tersebut. Ya, cita-cita Kyle pun tercapailah.

Internet bisa mendatangkan keajaiban. Orang-orang yang rajin dan ikut ’nyemplung’ dalam komunitas yang sesuai dengannya bisa merasakan manfaat Internet.

Bisnis Musik LaLa.com

Situs www.lala.com adalah salah satu situs bisnis yang memanfaatkan Internet. Bisnisnya cukup unik—setiap orang bisa menukarkan CD audionya melalui situs ini dengan pengguna lain yang terdaftar dalam situs. Sebagai kompensasinya, LaLa mendapatkan 1 dolar AS untuk setiap barter yang berhasil dilakukan melalui LaLa.

Anggota LaLa.com yang banyak saat ini sudah bisa membuat LaLa.com meraup keuntungan besar. Situs ini bisa dibilang mirip dengan situs jualan eBay. Ia membuka satu pasar online yang efisien, di mana dengan 1 dolar (biaya yang sangat murah) orang bisa menawarkan dan mencari CD audio yang mereka, komunitas pecinta musik, inginkan.

Masalahnya, Penipuan di Internet

Menarik memang mengadu untung di Internet, tapi pastinya, Anda harus berhati-hati. Ya, apalagi kalau bukan karena banyaknya penipuan memanfaatkan Internet. Meniru cara Kyle menukarkan barang kecil menjadi satu rumah besar pun bukan tanpa risiko. Bisa saja Kyle sial saat ada orang usil yang menipunya dengan iming-iming barang barteran yang menarik.

Pun begitu dengan bisnis 1 dolar di LaLa.com, risikonya adalah pengguna usil yang berniat menipu anggota lainnya. Meskipun jumlahnya tidak seratus persen, orang yang berniat jahat selalu ada.

Sekarang, siapa saja bisa membajak CD audio. Dengan komputer dan peranti yang tepat, seseorang bisa membuat salinan CD audio. Selain itu, ada pula layanan peer-to-peer yang bisa membantu Anda dengan mudah mendapatkan program atau lagu dari teman-teman komunitas Anda di Internet.

Berani membuat gebrakan? Berani mencoba bisnis baru di Internet? Boleh, tapi harus berhati-hati dan tidak boleh tidak jujur!

0 komentar:

Posting Komentar